Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menggunakan Facebook untuk Pemasaran

 

7 Cara Menggunakan Facebook untuk Pemasaran

7 Cara Menggunakan Facebook untuk Pemasaran

Facebook terus menjadi juara bertahan situs media sosial, sebagai tempat # No.1 , tempat teman terhubung dan berbagi secara online. Lebih dari sekadar tempat pertemuan untuk teman, Facebook telah berkembang menjadi tempat bisnis untuk memasarkan diri melalui interaksi dengan pelanggan dan promosi diri.


Dalam posting ini kita akan melihat tujuh cara Anda dapat menggunakan Facebook untuk pemasaran.


Baik Anda perusahaan besar atau bisnis lokal kecil, Facebook adalah alat pemasaran yang ampuh - ini adalah ruang yang bagus untuk terus memberi informasi kepada pelanggan, mengembangkan identitas merek, dan memperluas jangkauan Anda.

1. Memanfaatkan Halaman Bisnis Facebook Anda

Halaman Facebook adalah alat pemasaran gratis yang hebat untuk bisnis. Halaman ini memungkinkan bisnis mengidentifikasi diri mereka sendiri - tidak hanya dengan mencantumkan penawaran dan layanan produk, tetapi juga dengan membagikan link, gambar, dan postingan di halaman yang dapat disesuaikan untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang kepribadian dan karakter bisnis.

Halaman bisnis Facebook Anda adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan identitas merek Anda dan menunjukkan sisi kemanusiaan Anda. Facebook adalah tempat Anda bisa sedikit mengendurkan ikatan - jangan takut untuk melucu.


Pada akhirnya, Anda harus mempertimbangkan apa yang ingin dilihat oleh audiens utama Anda. Bagikan gambar, tautan, video, media sosial, apa saja, selama itu terkait dengan bisnis Anda dan sepertinya sesuatu yang akan dinikmati audiens target Anda. Gunakan Facebook Insights untuk melihat apa yang paling disukai oleh audiens Anda.


Selain video lucu tentang anjing yang berjalan dengan sepatu kecil, toko yang mengkhususkan diri pada alas kaki mungkin juga memposting artikel tentang cara mengukur ukuran kaki Anda secara akurat, jenis sisipan sepatu apa yang terbaik untuk berbagai masalah sakit kaki, dll. Perpaduan yang bagus dari humor, sumber daya pendidikan, dan postingan tentang pembaruan toko Anda sangat ideal.

2. Iklan Facebook: Iklan Klasik

Facebook menawarkan bentuk periklanannya sendiri dengan iklan Facebook, yang muncul di kolom samping situs Facebook. Iklan klasik ini secara lebih spesifik disebut sebagai Iklan Marketplace. Mereka menyertakan judul dengan salinan, gambar, dan tautan klik-tayang ke halaman Facebook, aplikasi Facebook, atau situs web luar.

Menerapkan iklan Facebook ke dalam strategi pemasaran Facebook Anda adalah salah satu teknik yang memungkinkan untuk meningkatkan suka atau mendorong klik situs web.


Fitur iklan Facebook meliputi:

Penargetan demografis berdasarkan data pengguna Facebook pada usia, lokasi, pendidikan, dan minat.

Kemampuan untuk mengatur anggaran iklan.

Pengujian iklan, di mana beberapa versi iklan dapat dijalankan secara bersamaan untuk membandingkan desain dan penyiapan iklan.

Alat pengukuran kinerja iklan bawaan.

Kemampuan untuk mengiklankan area khusus Anda — bagus untuk bisnis lokal.

Facebook tidak merilis informasi tentang CTR iklan mereka, jadi sulit untuk mengetahui seberapa sukses iklan Facebook sebenarnya. Dalam Iklan Facebook vs Infografis Iklan Bergambar Google, kami menemukan bahwa iklan Facebook umumnya memiliki RKT 0,051%, dan BPK rata-rata $ 0,80; namun, biaya iklan Facebook bisnis dapat sangat bervariasi bergantung pada rangkaian opsi penargetan dan persaingan.


Menggunakan iklan Facebook untuk meningkatkan "Suka" Anda bisa sangat bermanfaat - begitu pengguna menyukai halaman Anda, mereka pada dasarnya menjadi pengikut halaman bisnis Anda, dan posting Anda akan muncul di umpan berita Facebook mereka.


Ini menghasilkan lebih banyak pengguna yang berinteraksi dengan Anda dan merek Anda, membentuk hubungan yang mungkin akhirnya diterjemahkan ke konversi di masa depan.


3. Menyelenggarakan Kontes Facebook

Menjalankan kontes, undian, atau promosi Facebook adalah taktik pemasaran Facebook lain yang dapat meningkatkan penggemar dan kesadaran merek.


Saat mengadakan kontes Facebook, ketahuilah bahwa kontes tidak dapat diselenggarakan melalui Facebook itu sendiri (artinya Anda tidak dapat meminta suka sebagai entri, meminta orang menulis jawaban di komentar, dll.) Bisnis harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat kontes Facebook mereka, lalu mengarahkan pengguna ke aplikasi dari halaman Facebook mereka.

Ada banyak alat berbayar untuk membantu Anda melakukan ini, serta beberapa yang gratis. Shortstack menawarkan sejumlah templat kontes gratis, selama halaman Anda memiliki kurang dari 2.000 suka. Pagemodo juga memiliki opsi gratis. Banyak aplikasi kontes Facebook pihak ketiga menawarkan versi gratis, tetapi pilihan Anda dengan mereka terbatas.


4. Posting yang Dipromosikan Facebook

Posting yang Dipromosikan Facebook memungkinkan pemilik halaman Facebook membayar tarif tetap agar setiap posting Facebook mereka menjangkau sejumlah pengguna tertentu, meningkatkan jangkauan dan tayangan posting tertentu.


Posting yang Dipromosikan Facebook

Beberapa bisnis bertanya - mengapa saya harus membayar untuk memastikan bahwa posting saya dilihat oleh pengguna yang merupakan pengikut saya? Jika pengguna menyukai halaman saya, mereka seharusnya selalu melihat postingan saya di umpan berita mereka, bukan? Jawaban atas pertanyaan ini adalah tidak, karena mengasumsikan bahwa pengguna menghabiskan setiap momen dalam hidupnya di umpan berita Facebook. Demi kesehatan dan keselamatan penggemar Facebook Anda, kami harap ini tidak benar!


Jika penggemar Anda kebetulan melihat umpan berita mereka saat Anda memposting cerita Anda, mereka cenderung melihatnya, tetapi bahkan tidak ada jaminan jika umpan berita mereka dibanjiri oleh pos lain. Di situlah Pos yang Dipromosikan masuk - ini meningkatkan peluang Anda untuk dilihat di umpan berita pengguna. Posting Promosi Facebook ditampilkan kepada penggemar yang ada, dengan opsi tambahan untuk menjangkau teman dari penggemar.


Posting Promosi mudah disiapkan - cukup klik tombol di bawah salah satu posting halaman Anda.


Meskipun tarif tetap menyederhanakan prosesnya, Posting Promosi tidak memiliki opsi penargetan yang ditawarkan oleh iklan Facebook lainnya.


5. Cerita Bersponsor

Cerita Bersponsor adalah jenis iklan Facebook yang menampilkan interaksi pengguna, seperti suka di Facebook, kepada teman pengguna.

Cerita Bersponsor


Cerita Bersponsor berupaya memanfaatkan konsep pemasaran "dari mulut ke mulut". Jika pengguna melihat bahwa tiga temannya menyukai halaman tertentu, dia lebih cenderung untuk memperhatikan. Tujuan Cerita Bersponsor adalah membuat pengguna melakukan tindakan yang sama seperti temannya. Pengiklan dapat memilih untuk menunjukkan "suka" kepada teman jika mereka menginginkan lebih banyak suka halaman, menunjukkan kepada teman yang telah "mengklaim penawaran ini" jika bisnis ingin lebih banyak pengguna untuk mengklaim penawaran, dll.

Meskipun tindakan yang dilakukan oleh teman yang menyukai halaman atau mengklaim tawaran diposting secara otomatis di umpan berita pengguna, postingan ini dengan mudah diabaikan. Cerita Bersponsor mendapatkan posisi yang disukai, yang mampu muncul di umpan berita dan bilah sisi kanan. Cerita Bersponsor juga merupakan satu-satunya format iklan yang tersedia di perangkat seluler.


Cerita Bersponsor tidak hanya berlaku untuk suka atau tawaran - tetapi juga dapat digunakan dengan aplikasi Facebook Open Graph apa pun. Jika teman baru saja menginstal Scramble With Friends di Facebook, Cerita Bersponsor dapat menunjukkan kepada pengguna bahwa temannya baru saja memainkan game Scramble, dengan undangan untuk "menantang mereka", "bermain dengan mereka", atau variasi serupa lainnya.


Facebook mengklaim bahwa Cerita Bersponsor memiliki RKPT 46% lebih tinggi dan BPK 20% lebih rendah daripada iklan Facebook biasa, menjadikannya strategi yang sangat serius untuk pemasaran di Facebook.


Cerita Sponsor Facebook dapat dibuat dengan mudah melalui alur pembuatan iklan Facebook. Cerita Bersponsor Open Graph dengan ajakan bertindak yang disesuaikan mengharuskan pengiklan untuk menggunakan penyedia pihak ketiga.


6. Grafik Terbuka Facebook

Facebook Open Graph memungkinkan bisnis melabeli tindakan pengguna dengan aplikasinya. Miliaran interaksi diposting dengan Facebook Open Graph setiap hari.


Bisnis dapat membuat aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke pengguna dan memposting pemberitahuan di Facebook ketika pengguna melakukan tindakan tertentu dengan aplikasi tersebut. Open Graph Facebook memungkinkan opsi interaktif kreatif di luar standar "suka" dan "komentar". Postingan dapat menyarankan pengguna untuk "mendengarkan", "mencicipi", "membaca", - terserah bisnis untuk menjadi kreatif.


Hampir setiap kali situs atau aplikasi meminta pengguna untuk masuk ke Facebook, itu ada hubungannya dengan menghubungkan pengguna dengan Facebook Open Graph.


Spotify adalah contoh yang bagus tentang bagaimana Facebook Open Graph menjadi alat pemasaran Facebook yang hebat.


Semuanya dimulai dengan prompt login Facebook.

Grafik Terbuka Facebook Spotify

Ini diikuti segera dengan permintaan izin, yang diklik banyak pengguna tanpa berpikir panjang. Saya benar-benar menemukan bahwa saya telah memberikan izin ke 130 aplikasi, yang 95% di antaranya tidak saya ingat alasannya.

Spotify


Setelah izin diperoleh, Spotify dapat mengalirkan lagu apa yang didengarkan pengguna di umpan berita teman.

Cara Menggunakan Spotify Facebook

Perhatikan bahwa pengguna diberi berbagai opsi - mereka dapat menyukai lagu yang didengarkan teman mereka, mendengarkan lagu itu sendiri, atau membintangi sebagai favorit di Spotify.


Tindakan grafik terbuka seperti ini cukup unik untuk menonjol dari kegilaan feed berita pengguna yang berantakan.


Banyak game Facebook yang sering menggunakan tindakan grafik terbuka Facebook, memposting pemberitahuan ketika pengguna telah menyelesaikan level atau memenangkan pencapaian.

Group Action Spotify

Tindakan grafik terbuka dikategorikan sebagai jenis cerita konsumen baru, memanfaatkan fenomena dari mulut ke mulut. Posting grafik terbuka lebih bermakna bagi pengguna karena dibuat oleh teman yang sudah dikenal, bukan sekadar merek, menjadikannya alat pemasaran Facebook terbaru dan terbaik.


7. Facebook Exchange (FBX)

Facebook Exchange memungkinkan pengiklan memanfaatkan penargetan ulang iklan di Facebook melalui penawaran waktu nyata. Pengiklan dapat menargetkan audiens berdasarkan data riwayat web - ketika pengguna mengunjungi halaman produk di situs web pengecer, tetapi gagal melakukan pembelian, pengecer kemudian dapat menampilkan iklan untuk produk yang sama di Facebook dengan FBX.


Sementara iklan penargetan ulang Facebook hanya diturunkan ke kolom samping, baru-baru ini iklan ini diizinkan untuk muncul di umpan berita, real-estate Facebook yang paling berharga. Ini adalah kabar baik bagi pengiklan FBX, karena tingkat respons untuk iklan umpan berita 10 hingga 50 kali lebih tinggi daripada penempatan iklan di kolom kanan.

Facebook Retargeting

Jadi, bagaimana kinerja iklan Facebook Exchange? CTR untuk iklan Facebook Exchange 40% lebih rendah daripada iklan retargeting web lainnya, seperti yang ditawarkan oleh Google Display Network. Iklan penargetan ulang lainnya juga lebih murah, dengan harga per klik unik lebih murah 80% dari iklan penargetan ulang Facebook. Namun, dalam hal biaya per tayangan dan biaya per klik, iklan FBX jauh lebih murah, sehingga keuntungan uang bergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Angka-angka ini juga dapat berubah karena iklan FBX mulai lebih sering muncul di feed berita.


Artikel yang mungkin anda suka:

Posting Komentar untuk "7 Cara Menggunakan Facebook untuk Pemasaran"

Berlangganan via Email